Bursa berjangka menurut Undang-Undang RI No. 32 Tahun 1997, adalah sebuah badan usaha yang menyelenggarakan serta menyediakan sistem atau sarana yang digunakan untuk kegiatan jual-beli komoditi. Komoditinya sendiri telah disepakati berdasarkan kontrak berjangka, berikut opsi atas kontrak berjangka itu sendiri.

Penyelesaian transaksi dalam kontrak berjangka ini akan dijalankan dalam periode waktu mendatang, sesuai dengan waktu yang tertera pada kontrak sebelumnya. Bursa Berjangka juga lebih mudah dipahami sebagai penyedia sarana, seperti pasar yang memperdagangkan kontrak berjangka di masa mendatang.

Bursa juga bisa mengandung maksud instrumen keuangan lain dengan harga tertentu yang telah disepakati dalam peraturan serta regulasi yang ada. Lantas, apa saja keuntungan bursa ini dibanding bursa lainnya? Ini dia jawabannya.

Adanya Margin atau Jaminan dalam Proses Transaksi

Margin diartikan sebagai sebuah jaminan yang harus ada dan ditempatkan oleh pembeli maupun penjual. Tujuan adanya margin ini sendiri adalah untuk menjamin pelaksanaan transaksi yang akan terjadi di antara dua pihak pembeli dan penerima bursa tersebut.

Biasanya, besaran atau jumlah dari margin yang dipakai tersebut akan mencakup 10 persen di bawah total keseluruhan nilai kontrak yang diperdagangkannya.

Dengan menempatkan sejumlah margin pada proses transaksi di bursa satu ini, maka dapat dinilai hal tersebut dapat dinilai sebagai pihak yang bisa menjalankan kerjasamanya. Jaminan juga diperlukan sebagai ‘ikatan awal’ dari kedua belah pihak, baik pembeli maupun penerima.

Bursa Berjangka Bisa Menggandakan Keuntungan dan Memperluas Jaringan Laba

Keuntungan yang kedua adalah memungkinkan Anda untuk semakin memperluas peluang untuk masing-masing pihak yang bersinggungan. Contohnya, saat terjadi kenaikan bahkan penurunan harga komoditas, baik secara tiba-tiba maupun berkala.

Hal tersebut sewaktu-waktu bisa saja terjadi ketika ada perubahan dari harga kontrak. Perubahan tersebut sendiri biasanya dimanfaatkan oleh para investor bahkan spekulator untuk meraup lebih banyak keuntungan.

Contohnya seperti para investor yang akan cepat-cepat menjual kontrak berjangka saat harga segera turun, tetapi setelah itu akan membelinya lagi jika kontrak berjangka mulai menunjukkan harga yang rendah.

Transaksi Bursa dengan Jangka Mampu Melindungi Nilai dan Risiko dari Nilai Saham

Transaksi berjangka ini memungkinkan orang dari pelaku usaha komoditi untuk dapat menyiapkan diri dari segala risiko yang diakibatkan oleh pergeseran harga. Hal tersebut dapat membuat para pelaku usaha menjalankan usahanya dengan lebih matang dan efisien berkat kontrak berjangka sekaligus produk derivatif lainnya.

Ini merupakan salah satu pilihan instrumen yang terjamin untuk dipakai sebagai salah satu tindakan dadi pengelolaan risiko akibat perubahan harga. Sebagaimana yang Anda ketahui, pergolakan harga tidak mungkin bisa dihindari, maka dari itulah pasar berjangka mampu memberikan Anda pengelolaan risiko yang bisa terjadi di masa depan.

Mencapai Laba dengan Perbandingan yang Lebar dengan Margin

Keuntungan berikutnya adalah memicu anggota untuk memperdagangkan komoditi menggunakan nilai total kontrak yang berkali-kali lipat lebih besar daripada jumlah margin. Mendatangkan untung dari komoditi yang lebih besar dari nilai margin sendiri disebut dengan istilah leverage.

Bursa Berjangka Merupakan Lembaga Penting atau Sering Disebut dengan Lembaga Kliring

Lembaga Kliring adalah sebuah sebutan bagi lembaga yang eksistensinya telah diklaim sangat penting dalam pasar berjangka. Hal tersebut dikarenakan lembaga kliring memiliki peran besar dalam penilaian kredibilitas dari keberadaan sebuah bursa.

Kemampuan penilaian dari lembaga kliring ini sendiri dipercaya didapatkan atas kemampuannya dalam mengelola transaksi atau kontrak yang ada dalam bursa sekaligus bertanggung jawab atas hal tersebut.  Itu dia beberapa keuntungan dari bergabung dengan bursa negara yang wakin Anda ketahui.

By penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *