Bukan cuma berhemat, salah satu cara untuk bisa dapat pundi-pundi cuan lagi pasca Lebaran bisa juga dengan berbisnis walau kecil-kecilan. 

Karena biasanya, setelah Lebaran, kondisi keuangan udah mulai agak seret karena udah jor-joran di hari H. Apalagi di tahun ini, mudik dan traveling udah mulai dilonggarkan. Alhasil, buat mereka yang mudik dan bepergian, pengeluaran juga jadi makin bengkak. 

Tapi, bikin bisnis sendiri juga bukan urusan gampang. Kebanyakan, ada kendala modal yang harus dihadapi. Terus harus gimana?

Selain dari tabungan, di jaman sekarang, modal bisnis bisa dengan mudah didapat salah satunya dengan mengajukan pinjaman via layanan paylater atau pinjaman online. Bukalapak paylater misalnya yang sudah bekerja sama dengan Kredivo.

Di mana dengan adanya paylater ini, pengguna Bukalapak jadi bisa dengan mudah belanja cicilan pakai paylater Kredivo di Bukalapak ataupun mengajukan pinjaman tunai langsung di aplikasi Kredivo, mulai dari 500 ribu. Bunganya cuma 2.6% per bulan, bisa pilih tenor 3 bulan atau 6 bulan juga. 

Gimana cara mendapatkan Bukalapak paylater? Gampang! Kamu tinggal cek profil di Bukalapak & jika ada tawaran aktikan paylater, kamu bisa coba. Selain itu, kamu juga bisa unduh langsung aplikasi resmi Kredivo di Google Play Store untuk daftar langsung. 

Kalau modalnya udah ada, terus kira-kira, bisnis apa ya yang bisa dicoba tapi skalanya kecil atau sederhana? 

Bisnis thrift shop

Secara sederhana, bisnis thrift shop sama dengan menjual barang bekas yang masih layak, seperti pakaian, tas, atau sepatu. Selain bisa menyelamatkan lingkungan dari sampah pakaian bekas, bisnis thrift shop juga bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan pakaian bagus tetapi dengan harga murah. 

Di media sosial seperti Instagram atau Facebook, bisnis satu ini sangat marak dijumpai. Umumnya produk yang ditawarkan adalah produk fashion terkini yang kalau baru, harganya bisa jauh lebih mahal. Bisnis thrift shop bisa jadi salah satu ide bisnis sederhana yang bisa kamu coba jelang Lebaran. Selain modalnya gak besar, untuk bisa jual pakaian bekas layak pakai, kamu bisa mencari di pasar yang terkenal sebagai tujuan pebisnis thrift Shop. Pasar Senen, misalnya. 

Atau, ada juga supplier thrift shop yang buka paket usaha yang bisa kamu temui di berbagai e-commerce untuk beli barang dalam bentuk bal. Biasanya untuk satu karung pakaian bekas dihargai mulai 500 ribu rupiah, tergantung jenis dan grade dari pakaian bekas tersebut. 

Bisnis jasa bersih-bersih rumah

Kalau kamu kerja freelance atau punya banyak waktu luang, nggak ada salahnya lho mencoba bisnis yang satu ini. Terlebih jika kamu memang menikmati proses bersih-bersih rumah, plus nggak gengsian. 

Sebab, pasca Lebaran, tentunya banyak orang yang kembali ke rumah setelah mudik dan sudah nggak ada tenaga buat bersih-bersih lagi. Supaya lebih menarik, kamu bisa membuat brosur khusus untuk jasa bersih-bersih rumah. Sebagai langkah awal, kamu bisa menawarkannya ke teman atau tetangga terdekat. 

Bisnis mainan anak yang unik

Setelah Lebaran, anak-anak biasanya punya banyak uang THR dari sanak saudara. Kebanyakan uang tersebut dipakai buat jajan, jalan-jalan, atau beli mainan. Buat kamu yang suka jualan, nggak ada salahnya mengambil peluang bisnis yang satu ini, nih! Bedanya dengan penjual mainan lain, kamu bisa mencari pilihan mainan yang lebih unik di marketplace online. 

Syukur-syukur bisa ketemu supplier utama dan bisa dropship, jadinya nggak perlu banyak modal, deh. Nah, untuk media pemasarannya, kamu bisa manfaatkan WhatsApp story, terutama kalau kamu punya banyak kontak atau kolega yang sudah memiliki anak.

Makanan siap saji 

Suka masak? Nah, berbisnis makanan siap saji juga bisa menjadi pilihan terbaikmu untuk memulai bisnis sederhana pasca Lebaran. Pilih menu yang mudah dimasak, bisa tahan lama, dan yang pasti jauh berbeda dengan aneka makanan Lebaran yang berkuah santan dan berlemak. Makanan yang segar seperti bakso, somay, atau cemilan buatan sendiri bisa jadi ide yang pas & mungkin banyak dicari orang setelah Lebaran. 

Bisnis laundry kiloan

Terakhir, ide bisnis yang satu ini adalah untuk kamu yang punya modal cukup besar atau minimal, punya 1 mesin cuci di rumah yang mumpuni. Yang pasti, kamu juga perlu punya banyak waktu luang untuk mengerjakan bisnis yang satu ini. 

Jika punya modal besar kisaran Rp 10 juta sampai Rp 30 jutaan, bisnis laundry kiloan kini juga ada yang jual franchise dan paket usaha yang murah. Mulai dari alat sampai produk sabun dan pewangi untuk mencucinya. 

Nah, dari daftar di atas, kira-kira yang mana nih yang paling pas buat kamu coba?

By penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *